Pantai Parangtritis juga diceritakan sebagai tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Sunan Kalijaga

wisata pantai di jogja

Pantai Parangtritis

Untuk dapat masuk ke kawasan Pantai Parangtritis ini, Anda akan dikenaik harga tiket masuk sebesar Rp 3.500 per orang. Pantai Parangtritis bagi masyarakat lokal diyakini sebagai bagian dari daerah kekuasaan Ratu Selatan atau Nyai Roro Kidul. Masih dalam keyakinan masyarakat di sana, jika Anda pernah mendengar larangan agar tidak menggunakan baju berwarna hijau di Pantai Parangtritis, itu disebabkan karena Nyai Roro Kidul menyukai warna hijau. Pantai ini memang sarat dengan kisah-kisah mistis.
Pantai Parangtritis juga diceritakan sebagai tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Sunan Kalijaga sesaat setelah Panembahan Senopati selesai menjalani pertapaan. Oleh karenanya, Parangtritis adalah juga tempat keramat bagi sebagian orang. Ada pengunjung yang sengaja datang ke pantai ini untuk bermeditasi. Juga, Pantai Parangtritis adalah salah satu tempat untuk melakukan upacara Labuhan dari Keraton Jogjakarta hingga saat ini.
Sebagai sebuah tempat wisata pantai di Jogja, Parangtritis memang sangat menarik untuk dikunjungi. Fasilitas di kawasan wisata pantai ini tergolong lengkap. Ada banyak sekali hotel dan penginapan dengan berbagai pilihan harga, termasuk hotel dan penginapan yang terletak di atas bukit yang menawarkan pemandangan pantai yang indah.
Anda dapat menemukan berbagai toko souvenir dan oleh-oleh khas Jogjakarta (Bantul), toko-toko kelontong, dan warung-warung makan. Aneka kuliner di wisata pantai ini adalah berupa masakan ikan dan makanan laut segar lainnya karena dibeli dan dimasak di tempat beserta pilihan bumbu masakan yang lezat. Karena harga makanan kulinernya yang murah, wisata pantai ini selalu menarik di mata para pengunjung.

Post a Comment

Previous Post Next Post